Pertemuan Percepatan Validasi Data STR Online Versi 2.0 di Yogyakarta

Satuan Kerja Sekretariat KTKI telah melaksanakan Pertemuan Percepatan dan Evaluasi Validasi Data STR Online Versi 2.0 di Hotel Crystal Lotus, Yogyakarta, 19-21 Septembar 2019. Pertemuan ini diselenggarakan bertujuan untuk percepatan proses validasi data STR pada aplikasi STR Online Versi 2.0.

Dari bulan Januari sampai dengan September 2019 tercatat jumlah pengajuan STR online sebanyak 107.786 usulan. Diantara jumlah usulan tersebut yang divalidasi sebanyak 102.435, validasi yang diterima sebanyak 95.220 usulan, yang telah membayar PNBP sebanyak 92.644 usulan, dan tercetak sebanyak 90.458 usulan.

Mulai bulan Januari 2019, pemohon dapat berkonsultasi melalui email helpdesk.ktki@kemkes.go.id. Sampai dengan 17 September  2019, total jumlah email yang masuk sebanyak 60.960 email dan yang sudah dibalas (terjawab) sebanyak 60.960 email. Rata-rata email masuk per hari sebanyak 250 email dan yang terbalas sebanyak 250 email. Konten yang dikonsultasikan via email tersebut tidak hanya tentang aplikasi STR Online versi 2.0, namun juga STR Online ver 1.0 dan manual.

Selain membuka pelayanan di MTKI dan bantuan melalui surat elektronik email, terhitung tanggal 2 Juli 2019 Sekretariat MTKI telah membuka layanan bantuan bagi pemohon yang mengalami permasalahan registrasi melalui pesan WhatsApp dengan nomor +62 877-8721-4141.

Jumlah usulan yang masuk dalam satu hari, terutama untuk Perawat dan Bidan  bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat dari jumlah usulan yang telah divalidasi, seiring dengan berjalannya waktu hal tersebut akan menimbulkan banyak selisih, sehingga berpengaruh kepada lamanya proses registrasi STR baik yang berasal dari usulan baru maupun perpanjangan. Untuk itu diperlukan kegiatan Percepatan Validasi STR.

Pertemuan ini dihadiri oleh undangan dari Ketua MTKI, Para Ketua Divisi MTKI, Anggota MTKI Perwakilan Organisasi Profesi sebagai Validator, Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta, Direktur Poltekkes Yogyakarta, Perwakilan dari Pusdatin Setjen Kemenkes, Perwakilan dari Set. Badan PPSDMK Kemenkes, Perwakilan dari Datin Kemenristekdikti, Pengembang aplikasi STR online versi 2.0 dan Sekretariat KTKI.

Narasumber pada pertemuan ini adalah Sekretaris KTKI, Ketua MTKI, Pengembang yang mengupgrade sistem aplikasi STR Online Versi 2.0

Tim Validator dari Organisasi Profesi adalah sbb :

• PPNI;

• IBI;

- PTGI;

- IROPIN;

- PARI;

- IKATWI;

- PORMIKI;

- IKATEMI;

- PERAUDI;

- PATKI;

- PPKESTRAKI;

- IAKMI;

- PERSAGI;

- HAKTI;

- IPK.

News or Article: 
Multi Image: