Frequently Asked Questions (Registrasi e-STR)

Klik disini untuk UNDUH Pertanyaan dan Jawaban Terkait Registrasi e-STR versi PDF

1. BAGAIMANA CARA MELAKUKAN REGISTRASI E-STR BARU?

Anda dapat melihat video tutorial pada web https://ktki.kemkes.go.id/

2. KENAPA SAYA TIDAK DAPAT MENGAKSES APLIKASI e-STR? 

  • Pastikan Anda mengakses aplikasi menggunakan Personal Computer (PC) bukan ponsel.
  • Pastikan koneksi jaringan internet Anda dalam kondisi stabil.
  • Gunakan aplikasi browser yang lain, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari.
  • Hapus riwayat pencarian pada browser Anda dan coba akses kembali.

3. MENGAPA SAYA TIDAK BISA LOGIN KE APLIKASI?

Jika Anda belum memiliki PIN, pilih tombol “Belum Punya Punya PIN” terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN.

Jika Anda sudah memiliki PIN pastikan email, PIN, dan Captcha yang Saudara masukkan benar.

4. MENGAPA SAYA TIDAK MENDAPATKAN PEMBERITAHUAN PIN?

  • Cek pesan masuk dan spam pada email Anda.
  • Klik tombol “lupa PIN” untuk mengetahui PIN Anda.

5. BAGAIMANA JIKA SAYA LUPA PIN? 

Klik Tombol “lupa PIN” dan ikuti langkah selanjutnya. Data yang Anda masukkan harus benar maka PIN akan muncul pada laman tersebut dan akan dikirimkan ke email Anda.

6. KENAPA DATA SAYA TIDAK DITEMUKAN DIVERIFIKASI DATA KEMENRISTEKDIKTI?

  • Pastikan Institusi Pendidikan Anda terdata di PDDikti, silakan cek ke pddikti.kemdikbud.go.id
  • Bagi lulusan diatas tahun 2013 Kemenristekdikti menjamin bahwa data Institusi Pendidikan yang terakreditasi tercantum dalam data PDDikti.
  • Segera hubungi operator Institusi Pendidikan Anda guna memperbaiki/ melengkapi/ memperbarui data yang valid.

7. MENGAPA SAYA TIDAK DAPAT MENGUNGGAH/ MENYIMPAN DATA? 

Pastikan dokumen yang Anda unggah sesuai dengan ketentuan (format dan ukuran maksimal).

8. BAGAIMANA JIKA ORGANISASI PROFESI SAYA BELUM MELAKSANAKAN UJI KOMPETENSI?

  • Isikan informasi data ijazah Anda.
  • Koordinasi dengan organisasi profesi untuk mengetahui kebijakan terkait dengan uji kompetensi.

9. BAGAIMANA SAYA MEMPEROLEH SURAT SUMPAH PROFESI DAN SURAT PERNYATAAN PATUH PADA ETIKA PROFESI?

Anda dapat berkoordinasi dengan organisasi profesi masing-masing.

10. BERAPA LAMA WAKTU UNTUK VALIDASI?

SOP 7-14 hari kerja untuk data lengkap dan valid, tidak dihitung masa pengajuan data.

11. MENGAPA STATUS PENGAJUAN SAYA PADA PROSES VALIDASI BERLANGSUNG LAMA/ BERMASALAH?

Untuk proses validasi dilakukan oleh tim validator dari Organisasi Profesi masing-masing. Harap menunggu dan jika Anda mendapat informasi mengenai terdapat kesalahan data harap segera lakukan perbaikan sesuai pesan dari validator yang terdapat di kolom berwana merah muda. Apabila sudah divalidasi, Anda akan mendapat kode billing untuk melakukan pembayaran PNBP.

12. MENGAPA STATUS PENGAJUAN STR SAYA DITUNDA?

Pastikan data yang Anda masukkan benar/ pastikan kesalahan data yang disampaikan sudah diperbaiki sesuai saran validator.

13. MENGAPA DATA STR LAMA SAYA TIDAK DITEMUKAN KETIKA REGISTRASI ULANG?

Pastikan data yang Anda masukkan sama persis dengan berkas fisik STR lama seperti pada tanggal, bulan, dan tahun lahir, serta 7 digit terakhir nomor STR lama. Perhatikan juga pada penulisan huruf kapital, tanda baca, dan spasi.

14. MENGAPA SAYA TIDAK TERKONEKSI DENGAN CPD ONLINE?

Pastikan Anda sudah melakukan CPD/ PKB secara online, pastikan Persetujuan Surat Rekomendasi sudah didapatkan. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi DPW Organisasi masing-masing dalam hal pengurusan CPD/ PKB online.

15. MENGAPA SAYA TIDAK BISA MELAKUKAN PEMBAYARAN?

Pastikan Anda sudah memasukkan nomor kode billing MPN G2 yang sesuai. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada https://penerimaan-negara.info/index.php.

16. BAGAIMANA JIKA SAYA SUDAH MELAKUKAN PEMBAYARAN NAMUN STATUS TIDAK BERUBAH?

Pastikan pembayaran dilakukan di bank terdaftar, silahkan lakukan pengecekan ke bank. Jika saldo sudah terpotong silahkan menunggu transaksi sedang diproses, namun apabila belum terpotong silahkan melakukan pembayaran kembali.

17. BAGAIMANA JIKA KODE BILLING SAYA GANDA?

Lakukan pembayaran dengan salah satu kode billing terbaru yang aktif. Jika sudah melakukan pembayaran silahkan mengirimkan kode billing lainnya yang belum dilakukan pembayaran ke email helpdesk.ktki@kemkes.go.id untuk dilakukan penghapusan kode billing.

18. BERAPA LAMA WAKTU PENERBITAN e-STR SAYA?

SOP penerbitan e-STR adalah 14 hari kerja setelah Anda melakukan pembayaran dengan kode billing.

19. BAGAIMANA CARA SAYA MENDAPATKAN LEGALISIR STR?

Sesuai dengan Permenkes Nomor 83 Tahun 2019 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan pasal 5 ayat (2) yang menyebutkan dalam hal legalisasi STR belum dapat dilakukan oleh Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia, legalisasi STR dapat dilakukan oleh sekretariat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia dan dinas Kesehatan provinsi, pengajuan legalisir dapat diajukan ke Dinas Kesehatan Provinsi.

20. BAGAIMANA JIKA SAYA INGIN MENGUBAH DATA STR SAYA DAN INGIN MENCETAK STR KEMBALI?

Siapkan dokumen pendukung terhadap perubahan data yang diinginkan (KTP, ijazah, dll). Login ke aplikasi STR online, pilih tombol cetak ulang STR, pilih perbaikan data dan ikuti petunjuk selanjutnya.

21. BAGAIMANA JIKA STR SAYA HILANG DAN INGIN MENCETAK KEMBALI?

Siapkan dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian, KTP, ijazah. Login ke aplikasi, pilih tombol cetak ulang STR, pilih STR hilang dan ikuti petunjuk selanjutnya.

22. BAGAIMANA JIKA STR SAYA RUSAK DAN INGIN MENCETAK KEMBALI?

Siapkan dokumen pendukung seperti foto, KTP, ijazah lalu log in ke aplikasi, pilih tombol cetak ulang STR, pilih STR rusak dan ikuti petunjuk selanjutnya.

23. JIKA SAYA INGIN MENCETAK ULANG STR KARENA RUSAK/ HILANG/ PERUBAHAN DATA APAKAH DIKENAKAN BIAYA?

Berdasarkan PP 64 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP Yang Berlaku Pada Kementerian Kesehatan yang berlaku semenjak 17 Oktober 2019, untuk cetak ulang STR dikenakan biaya Rp. 50.000 per lembar dan untuk cetak salinan STR (legalisir) dikenakan biaya Rp. 15.000 per lembar.

24. BAGAIMANA APABILA SAYA MEMILIKI PERTANYAAN DAN KENDALA TERKAIT PENGAJUAN E-STR?

Anda dapat menghubungi information center kami di hotline chatboot  Telegram (@ASTRI_STR_bot) atau melihat troubleshoot website yang kami sediakan di laman web ktki.kemkes.go.id.