Wamenkes Dante Serahkan Santunan kepada Ahli Waris Relawan Liza Putri Noviana

Jakarta (16/07/2021) - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris tenaga kesehatan yang wafat saat menangani pasien COVID-19 di DKI Jakarta. 

Hari ini melalui Zoom Meeting secara langsung Wamenkes Dante menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris keluarga Liza Putri Noviana tenaga kesehatan yang bertugas di RSDC Wisma Atlet Kemayoran yang telah wafat pada tanggal 24 Juni 2021. Liza bertugas menjadi relawan RSDC Wisma Atlet Kemayoran sejak 10 juli 2020. Beliau meninggalkan suami dan dua orang anak.

"Pemerintah menyampaikan rasa duka dan kehilangan sangat besar kepada Almarhumah dan keluarga atas musibah ini. Pemberian santunan atas gugurnya almarhumah bukanlah hal yang sepadan dan tidak akan dapat menggantikan arti kepergiannya. Namun hal ini dapat bermanfaat bagi keluarga dan terutama putra/putri yang ditinggalkan." ujar Wamenkes Dante.

Dante mengucapkan terima kasih dan penghormatan kepada seluruh relawan tenaga kesehatan yang telah bekerja keras dengan dedikasi tinggi melawan COVID-19. Negara tidak akan melupakan jasa-jasa yang telah diberikan oleh pahlawan tenaga kesehatan yang gugur dalam penanganan pandemi COVID-19.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/Menkes/2539/2020 tentang Pemberian Insentif dan Santunan Kematian bagi Tenaga Kesehatan yang menangani COVID-19 besaran santunan kematian adalah Rp. 300 juta per ahli waris.

Santunan yang diberikan kepada ahli waris Lisa sebanyak Rp 318.100.000 yang terdiri dari santunan berkala, biaya pemakaman, santuan kematian atas kecelakaan kerja serta beasiswa kepada ahli waris dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Pada tahun 2021, Badan PPSDM Kesehatan telah menerima pengajuan usulan santunan kematian melalui aplikasi sebanyak 180 usulan. Santunan yang telah diserahkan kepada ahli waris hingga bulan Juli sebanyak 166 orang, serta dalam proses penyelesaian 14 orang.

Wamenkes berpesan "marilah berupaya dan  berdoa agar bencana non-alam ini segera berlalu sehingga dapat memasuki era normal baru. Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan."

Komitmen dan sinergi yang kuat dibutuhkan dari seluruh elemen bangsa untuk dapat menekan dan mengurangi penyebaran COVID-19.

Adanya pemberian Vaksinasi Booster merupakan perlindungan yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan supaya imunologi meningkat sehingga memiliki ketahanan tubuh yang baik.

Keluarga ahli waris Yeti Suprapti, AMD.Keb menyampaikan terimakasih atas santunan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, Bank Danamon, Satgas Covid-19 serta semua yang pihak terkait. Dengan harapan anak dari Liza diberikan kekuatan dan dapat menggapai cita-cita yang diinginkan.

Multi Image: